FATTENING Domba-Kambing

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika kita akan mulai melakukan penggemukan ternak. Tidak hanya sekedar memberi makan dan merawat ternak saja. Beternak, apapun jenis usahanya (Breeding, fattening, Milking, dll), harus t: Terukur, mengetahui standar dan patokan ukuran sesuai jenis usaha. Contoh : bobot bakalan, rataan ADG, lama penggemukan, dll Terhitung, dapat dihitung untuk menjadi target, ketetapan dan sebagai angka perkiraan. Contoh: penggemukan 2 bulan dengan ADG 150gr dan berat bakalan 15kg, maka target akhir bobot adalah 24kg Terevaluasi, keberhasilan dan kegagalan yang terjadi harus dievaluasi berdasar data pencatatan dan data ukuran-ukuran dibuat.

Sekilas Penggemukan Ternak.

Langkah Komprehensif fattening kambing domba
Langkah Komprehensif fattening kambing domba

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian ketika kita akan mulai melakukan penggemukan ternak. Tidak hanya sekedar memberi makan dan merawat ternak saja.

Beternak, apapun jenis usahanya (Breeding, fattening, Milking, dll), harus t:

  • Terukur, mengetahui standar dan patokan ukuran sesuai jenis usaha. Contoh : bobot bakalan, rataan ADG, lama penggemukan, dll
  • Terhitung, dapat dihitung untuk menjadi target, ketetapan dan sebagai angka perkiraan. Contoh: penggemukan 2 bulan dengan ADG 150gr dan berat bakalan 15kg, maka target akhir bobot adalah 24kg
  • Terevaluasi, keberhasilan dan kegagalan yang terjadi harus dievaluasi berdasar data pencatatan dan data ukuran-ukuran dibuat.

Tahapan yang perlu dilakukan dalam penggemukan diantaranya:

  1. Pemilihan bakalan sesuai target (harga, jenis, performance)
  2. Perhitungan cost produksi sebagai acuan dan evaluasi (TK, pakan, obat, penyusutan)
  3. Perhitungan parameter pemeliharaan sebagai patokan (target ADG/PBBH, pakan, obat, sampling ternak dan pakan)
  4. Perkandangan dan lingkungan ternak.
  5. Perlakuan awal (kedatangan ternak, transporting, culling/slicing, equilibrasi) ~~ SOP STARTER
  6. Pemeliharaan (perlakuan pemeliharaan, evaluasi minggu/bulan, grading, sampling, compensatory growth) ~~ SOP GROWER
  7.  Panen (perlakuan sebelum panen, menjaga lost weight, stress panen,  dan equilibrasi) ~~ SOP FINISHER
  8. Semua aktivitas harus didukung dengan pencatatan (RECORDING)

 
Kebanyakan kita hanya memperhatikan pada poin 6 saja, fokus hampir 90% ke arah pemeliharaan langsung. Padahal ada banyak poin lain yg harus diraih utk memperoleh keuntungan/margin  sesuai target.  Dititik no.6 inilah para bakul probiotik & obat ternak seolah-olah bisa menyulap dan melangkahi koridor acuan dalam penggemukan.

Waspadalah…!!! Waspadalah…!
Demikian kurang lebihnya, kalau ada kekurangannya mohon dimaafkan dan dilengkapi.. Kalau ada lebihnya silakan dinikmati sebagai hidangan bersama.

(by Lukman Farmer)
#salamternak kapten#lukmanfarmer

 

 

Leave a Reply