Indikator Gemuk-Kurus Pada Ternak

Bagi pelaku hilir peternakan terutama pada ternak potong harus memahami potensi karkas yang dihasilkan dari seekor ternak hidup. Kemampuan ini dapat diasah dengan memerhatikan kondisi tubuh ternak sebelum dipotong. Pemahaman ini membantu pelaku usaha apakah saat membeli ternak akan mendapatkan daging yang lebih banyak atau lebih sedikit. Gambaran hasil ini dapat diperoleh dengan memperhatikan beberapa bentuk bagian tubuh ternak dan formasinya dalam tubuh

Bagi pelaku hilir peternakan terutama pada ternak potong harus memahami potensi karkas yang dihasilkan dari seekor ternak hidup. Kemampuan ini dapat diasah dengan memerhatikan kondisi tubuh ternak sebelum dipotong. Pemahaman ini membantu pelaku usaha apakah saat membeli ternak akan mendapatkan daging yang lebih banyak atau lebih sedikit. Gambaran hasil ini dapat diperoleh dengan memperhatikan beberapa bentuk bagian tubuh ternak dan formasinya dalam tubuh.

Sebelumnya perlu dipahami beberapa istilah pada bagian tubuh ternak

Istilah pada bagian tubuh ternak
Istilah pada bagian tubuh ternak

Tiga bagian utama yang sering menjadi perhatian sebagai bahan evaluasi adalah bagian depan, belakang dan atas atau lebih jelasnya :

  • Brisket
Brisket, bagian bawah dan depan ternak
Brisket, bagian bawah dan depan ternak

Sandung lamur (bahasa InggrisBrisket) adalah bagian daging sapi yang berasal dari bagian dada bawah sekitar ketiak. Pada kenyataannya hampir semua hewan yang memiliki bagian dada bawah akan mempunyai bagian daging ini, akan tetapi terminologi yang digunakan untuk bagian daging ini lebih umum digunakan untuk menyebut bagian daging sapiatau bagian daging anak sapi. Bagian daging ini termasuk delapan bagian daging sapi yang utama.(wikipedia)

  1. Bagian bawah/garis bawah termasuk Flank

Bagian bawah ternak yang seperti membentuk garis dari bagian brisket hingga flank

Garis tubuh bagian bawah
Garis tubuh bagian bawah
  1. Tampilan Belakang

Memperhatikan tampilan tubuh ternak  dari belakang dengan memperhatikan garis punggung atas dan ekor serta memperhatikan tubuh bagian bawahnya (paha)

BAgian Belakang Ternak
BAgian Belakang Ternak

Gambar ilustrasi diambil dari http://agriculture.vic.gov.au/

Leave a Reply