Memulai Usaha Ternak

Pengin boleh....bahkan harus....nafsu buta jangan!! Sangat manusia dan berlaku pada kebanyakan kita, saat melihat seorang peternak yang berhasil dan sukses kemudian terbersit dihati pengen seperti dia? Dan keinginan ini rata rata...keinginan membabi buta cenderung ke nafsu... Yang pasti endingnya berbeda dengan peternak yang dia contoh...mengapa? Rizki masing masing berbeda...(benar sieh...btw..coba dianalisa dahulu..)

Pengin boleh….bahkan harus….nafsu buta jangan!!

Sangat manusia dan berlaku pada kebanyakan kita, saat melihat seorang peternak yang berhasil dan sukses kemudian terbersit dihati pengen seperti dia?

Dan keinginan ini rata rata…keinginan membabi buta cenderung ke nafsu…
Yang pasti endingnya berbeda dengan peternak yang dia contoh…mengapa? Rizki masing masing berbeda…(benar sieh…btw..coba dianalisa dahulu..)

Pada ilustrasi dibawah…sebuah usaha yang sama sama menjual daging sapi…kalau diliat semua relatif sama sama laku…namun keuntungan yang diperoleh berbeda…why?

Selain berbagai faktor…teknis…branding…niaga…..ada hal yang harus mendasari untuk memulai yaitu pada segmen apa dan segmen mana kita mau fight dipasar yang sudah ada maupun pasar yang akan dibangun…..
Ilustrasi penjual daging dibawah dr los pasat tradisional, menengah hingga atas…hal ini berlaku juga untuk temen yang hendak mulai usaha ternak.

jb6

Ketika tadi berkunjung ke kandang peternak sukses…sudah dipastikan mereka mempunyai segmen yang jelas dengan skala yang realistis.
Nah..disinilah pada pemain baru munculnya nafsu. Dimana pemain baru, dia tidak memperhatikan segmen dan skala.

Lalu harus bagaimana..? (Monggo untuk pertimbangan)
– Belajar, sharing dg peternak sukses mutlak harus dilakukan sembari membangun relasi agar dipahami segmen dan skalanya
– Menentukan positioning dimana yang akan kita mainkan..berdasar segmen dan skala masing masing
– Ketika belum ada kesiapan matang pilihan untuk bermitra dg peternak tadi dapat menjadi pilihan.
– Dan ketika prinsip dan idealisme logis hrs bermain maka pilihannya memulai dari skala kecil dan segmen terjangkau diarea kita.
– Perlu diingat..berbagai jalan yang berbeda- beda pasti harus dilalui sebelum menemukan jalan keberhasilan.

Leave a Reply