“Mewujudkan Peternakan yang Maju, Mandiri, dan Modern Untuk Mendukung Kalimantan Timur Berdaulat Pangan’’.

Sebagai salah satu tamu undangan dalam Rakontekda ini, PT. Equalindo Makmur Alam Sejahtera(EMAS) yang berada di Embalut, Kutai Kartanagara sangat mendukung program-program perternakan dan kesehatan hewan di Provinsi Kalimantan Timur. PT EMAS dengan Integrated Farming-Post Mining siap bersinergi positif dalam mewujudkan “Mini Ranch Sapi Potong untuk Kesejahteraan peternak yang berdaulat”.

 

Gubernur Kaltim Dr Isran Noor, MSI
Gubernur Kaltim Dr Isran Noor, MSI

Sebuah misi mulia dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur dalam acara Rakontekda 2020 di Hotel Novotel, Balikpapan. Pada kesempatan kali  ini (16 Maret 2020)  tidak dihadiri perwakilan dari Kementrian Pertanian secara langsung, namun dihadiri oleh Gubernur Kaltim Bp.DR.  H. Isran Noor, M.Si .

Acara yang dibuka Gubernur Kaltim ini dihadiri oleh semua perwakilan Dinas Peternakan Kabupaten dan Kota di Kalimantan Timur. Dalam sambutannya Dirjen PKH yang dibacakan Bp Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kaltim menyampaikan bahwa pada program Upsus Siwab untuk Provinsi Kalimantan Timur pada Tahun 2019 capaian target akseptor 6.648 atau 102,28% dari target 6.500 ekor, capaian kebuntingan sebanyak 5.840 ekor atau 128,35% dari target 4.550 ekor serta kelahiran sebanyak 4.492 ekor atau 123,41% dari target 3.640 ekor.

Target pelaksanaan Sikomandan Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2020 dengan akseptor IB sapi potong 10.050 ekor, target bunting 7.040 dan target kelahiran 23.336 yang tidak hanya berasal dari IB tapi juga Kawin Alam.  Hal ini karena potensi daerah Provinsi Kalimantan Timur berupa lahan ekstambang untuk mini ranch dan lahan perkebunan sawit untuk integrasi dengan sapi dengan pola ekstensif sehingga Kawin Alam menjadi metode pengembangbiakan yang banyak diimplementasikan.

Sedangkan Bp Isran Noor, M.Si dalam kesempatan ini mengingatkan akan waspada terhadap virus corona serta cerdas dan bijaksana dalam menyingkapinya . Gubernur menyampaikan, bahwa KAltim  perlu berdaulat dalam penerapan regulasi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dengan memaksimalkan penyerapan tenaga kerja lokal dan mendorong lahirnya industri hilir serta mewujudkan ketahanan energi untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Timur. Dalam mewujudkan ketahanan pengan dan pengembangan komoditas agroindustri unggulan dan andalan yang strategis mencakup perikanan, kelautan, peternakan, perkebunan dan produk pertanian lainnya dengan berbasis kawasan dan pemanfaatan lahan tidak produktif menjadi produktif sesuai peruntukan dan potensinya.

Dukungan legislatif juga disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalimatan Timur, Ibu Veridiana Huraq Wang, S.Pd.,MM. menyampaikan dukungan  pada infrastruktur dan tranportasi. Transportasi digunakan untuk memperlancar arus saprodi  (Sarana Produksi) dan produk dari pasar ke peternak atau sebaliknya. Untuk meningkatkan populasi dan produktifitas ternak, DPRD Kaltim melalui Komisi II telah membentuk perda nomor 6 tahun 2018 tentang pengendalian ternak produktif. Perda ini bertujuan sebagai payung hukum dalam pengendalian dan mempertahankan jumlah sapi dan kerbau betina produktif sebagai sumber bibit berkualitas dalam rangka terwujudnya agribisnis peternakan di Provinsi Kalimantan Timur.

rakontekda kaltim 2020
rakontekda kaltim 2020

Salah satu nara sumber Dr.Ir. Rochadi Tawaf, MS (Konsultan PT. MHU) dari UNPAND menyampaikan keunggulan komparasi mini ranch di Kalimantan Timur. Mini Ranch : padang rumput alam yang telah diperbaiki untuk tujuan produksi ternak dimana rumput merupakan sumber pakan utama  dalam skala yang “kecil”.  Sasaran Pengembangan mini ranch adalah kelompok tani/peternak yang pola pemeliharaannya secara ekstensif dan semi intensif di lokasi areal eks tambang, perkebunan kelapa sawit dan areal lainnya.

Keunggulan Komparatif Kaltim :

1.Lahan pasca tambang dan perkebunan sawit cukup luas

2.Curah hujan (iklim)

3.Padang gembala cukup

4.Bangsa sapi bali

5.Pola usaha masyarakat peternak (ekstensif)

6.Kebijakan pemerintah (1000 mini ranch)

7.Calon IKN

 

Rumusan Sementara dari Rapat Konsultasi dan Koordinasi Teknis Daerah (Rakontekda) Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan se Kalimantan Timur

A. Komitmen Mewujudkan Pengembangan Sapi Potong Berbasis Mini Ranch

  1. Mini ranch memiliki keunggulan komparatif yang berperan dalam peningkatan produksi dan produktifitas, ketersediaan daging sapi dan kesejahteraan peternak oleh karenanya kabupaten/kota harus berkomitmen dan bersinergi dengan pihak swasta dan instansi terkait lainnya serta memfasilitasi hasil produksi atau pemasaran ternak.
  2. Pengembangan mini ranch diharapkan mampu tumbuh dan berkembang secara mandiri menjadi sebuah ‘centre of excellence’ dalam bidang pengembangan sapi lokal pedaging pola ekstensif melalui peningkatan tiga elemen penting yaitu  kompetensi sumber daya manusia peternakan (peternak, penyuluh, pendamping desa, pelajar/mahasiswa, peneliti/dosen), teknologi peternakan (pengembangan HPT, pelayanan kesehatan hewan, pengendalian pemotongan betina produktif, manajemen budidaya dan pembibitan ternak serta survailans penyakit hewan) dan komitmen stake holder (Eksekutif, Legislatif, Swasta, dan Akedemisi).
  3. Pemilihan lokasi mini ranch di masing-masing kabupaten/kota harus memperhatikan ketersediaan sumber air, status dan topografi lahan serta ketersediaan pakan/hijauan.
  4. Pemerintah pusat/provinsi/kabupaten/kota memfasilitasi pemanfaatan lahan pasca tambang untuk pengembangan sapi berbasis mini ranch dengan sistem pinjam pakai dan alih fungsi lahan pasca tambang.
  5. Peningkatan edukasi kepada peternak terkait pemanfaatan perbankan (Kredit Usaha Rakyat, Kredit Ternak Sejahtera ) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau

 

B. Komitmen Pelaksanaan Program/Kegiatan Tahun 2020

  1. Strategi dan arah kebijkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. Kaltim yaitu peningkatan peran swasta dan penguatan usaha peternakan rakyat, Peningkatan populasi dan produktivitas ternak, Peningkatan produksi dan pemasaran hasil bibit dan benih, Peningkatan status kesehatan hewan dan pengawasan lalu lintas hewan/ternak, Penguatan pelayanan laboratorium keswan dan kesmavet, Peningkatan daya saing produk peternakan, oleh karenanya Strategi dan arah kebijkan Kabupaten/Kota mengacu kepada Strategi dan arah kebijkan Provinsi agar pembangunan peternakan dan kesehatan hewan bersinergi dan selaras dalam mencapai target yang telah ditetapkan.
  2. Komitmen Pelaksanaan Program/Kegiatan Tahun 2020 (Pengembangan Budidaya/Perbibitan ternak, miniranch, pelayanan kesehatan hewan, fasilitasi sarana dan prasarana peternakan, serta SIKOMANDAN) di Kabupaten/Kota dilaksanakan sesuai dengan target yang telah ditetapkan
Mini Ranch Kaltim
Mini Ranch Kaltim

Sebagai salah satu tamu undangan dalam Rakontekda ini, PT. Equalindo Makmur Alam Sejahtera(EMAS) yang berada di Embalut, Kutai Kartanagara sangat mendukung program-program perternakan dan kesehatan hewan di Provinsi Kalimantan Timur. PT EMAS dengan Integrated Farming-Post Mining siap bersinergi positif dalam mewujudkan “Mini Ranch Sapi Potong untuk Kesejahteraan peternak yang berdaulat”.

Equalindo Farm (unit usaha PT. EMAS) merupakan pusat pembibitan ternak  unggul di Kalimantan Timur. Fokus pada pembibitan sapi limosin-simental, sapi bali, kambing boer dan ayam kampung unggul.

Mini ranch equalindo Kaltim
Mini ranch equalindo Kaltim

Leave a Reply