Pakan dan  Pengaruhnya Pada Susu

ata laksana pemberian pakan akan mempengaruhi kadar lemak, pemberian pakan tanpa  hijauan (konsentrat sumber energi tinggi) tidak memungkinkan produksi asam asetat dalam jumlah cukup sebagai prekursor lemak susu.
Pakan sapi
Pakan sapi

Tak ada keraguan lagi bahwa pakan mempengaruhi  hasil produksi ternak.  Dengan pengaruhnya ini menempatkan pakan sebagai komponen produksi yang paling berpengaruh. Pada ternak perah perubahan pakan yang jelek  seketika mempengaruhi  susu pada saat itu juga, namun perbaikan pakan tidak langsung memperbaiki kualitas susu.

Faktor pakan dan pemberian pakan dalam usaha ternak  terutama ternak perah dapat disimpulkan bahwa :

  • Perubahan tata kelola akan dengan cepat mempengaruhi produksi lemak dan protein
  • Dengan mengubah pakan, depresi lemak susu dapat naik (0,1-1%) dalam waktu 7-21 hari
  • Perubahan protein susu mungkin terjadi antara 3-6 mingu
  • Hampir separuh lemak susu disintesis diambing dari asam asetat dan asam hidroksi butirat

Tata laksana pemberian pakan akan mempengaruhi kadar lemak, pemberian pakan tanpa  hijauan (konsentrat sumber energi tinggi) tidak memungkinkan produksi asam asetat dalam jumlah cukup sebagai prekursor lemak susu. Kondisi ini menyebabkan lemak susu menurun dan komponen gizi lain mengalami kenaikkan. Sebaliknya pakan dengan sedikit energi dengan hijauan yang cukup akan menaikkan kadar lemak susu.

Rasio kritis antara pemberian hijauan dan konsentrat untuk menjaga kadar lemak normal adalah 60 : 40. Namun hal ini masih dipengaruhi banyak sedikitnya hijauan yang dimanfaatkan ternak . mikroba rumen mengubah protein pakan menjadi protein mikroba sebagai sumber utama asam amino esensial yang nantinya digunakan oleh kelenjar ambing untuk mensintesa protein susu.(Trijoko Wisnu Murti.2016. Pasca Panen Susu)

manajemen pakan terhadap kadar lemak dan protein susu
manajemen pakan terhadap kadar lemak dan protein susu

Leave a Reply