Pentingnya Karantina Dari Sisi Pakan

Keseragaman hasil yang positif sangat diharapkan peternak....keseragaman atas penampilan fisik ternak  gemuk,  "klimis", seger dan aktif.  Namuuun dari sekian individu ternak dikandang pastilah ada beberapa ekor dengan penampilan yang berbeda dengan lainnya. Peternak dengan  sistem perkandangan koloni sampai dengan semi individu, terutama pada ternak dilepas liarkan gembala biasanya lebih banyak menemui hal ini.

Keseragaman hasil yang positif sangat diharapkan peternak….keseragaman atas penampilan fisik ternak  gemuk,  “klimis”, seger dan aktif.  Namuuun dari sekian individu ternak dikandang pastilah ada beberapa ekor dengan penampilan yang berbeda dengan lainnya. Peternak dengan  sistem perkandangan koloni sampai dengan semi individu, terutama pada ternak dilepas liarkan gembala biasanya lebih banyak menemui hal ini.

Menemui kondisi tersebut maka diperlukan karantina.  Karantina dalam arti luas ialah tempat pengasingan dari atau tindakan sebagai upaya pencegahan masuk dan tersebarnya hama dan penyakit hewan karantina  dari suatu area ke area lain. Namun dari sisi pakan karantina (bahasan kita di materi ini non sakit dan penyakit yaa) diperlukan untuk mengatasi :

  • Ternak yang kalah dalam persaingan pakan
  • Ternak yang kurang toleran dengan jenis pakan tertentu
  • Ternak yang belum beradaptasi dengan pakan terjadwal
  • Ternak yang memerlukan segera asupan tertentu

So….apabila ternak sudah dalam karantina dan akar permasalah dalam hal pakan ditemukan, selanjutnya adalah memberikan pada ternak, memastikan terkonsumsi, memastikan terserap dengan optimal dan tidak ada gangguan atasnya. Tentunya langkah ini simultan dengan tindakan medik veteriner.

bobot 82penampilan sapi

Ilustrasi diatas adalah sebuah contoh usaha karantina yang dilakukan terkait penanganan pakan. Sapi diatas mengalami mal nutrisi bahkan sempat komplikasi dengan kesehatannya. Aplikasi karantina dangat membantu baik dari sisi peternak maupun ternaknya.

 

 

Leave a Reply