Tanah

Apakah tanah itu? Tanah sering hanya diambil untuk diperlakukan seperti kotoran. meskipun mungkin terlihat tidak bernyawa, tanah adalah lingkungan hidup bawah tanah yang komplek, penuh dengan kehidupan. Tanah mendukung tanaman dan memberi mereka makanan dan air. Kondisi tanah tidak hanya penting untuk tanaman namun juga lingkungan dipermukaan tanah.

Tanah adalah bagian terpenting dalam aktivitas pertanian terutama pertanian organik. Membuat dan menjaga kesuburan tanah, kesehatan tanah adalah prioritas awal. Banyak hal bisa dilakukan untuk memperbaiki tanah yang buruk, tetapi sebelum pekerjaan dimulai itu penting untuk mengetahui tentang tipe tanah, tekstur dan strukturnya.

Tekstur dan tipe tanah tergantung pada keadaan lokasi fisik dan geologi dari areanya. Struktur tanah ditentukan oleh pengolahan tanah sebelumnya- bagaimana tanah telah diatur. Tekstur dan struktur tanah berpengaruh pada kimia tanah- apakah lebih asam atau alkalis/basa. Kondisi ini akan menentukan tanaman tumbuh dengan baik dan jumlah kehidupan dalam tanah.

Apakah tanah itu?

Tanah sering hanya diambil untuk diperlakukan seperti kotoran. meskipun mungkin terlihat tidak bernyawa, tanah adalah lingkungan hidup bawah tanah yang komplek, penuh dengan kehidupan. Tanah mendukung tanaman dan memberi mereka makanan dan air. Kondisi tanah tidak hanya penting untuk tanaman namun juga lingkungan dipermukaan tanah.

Cek Kondisi Tanah
Cek Kondisi Tanah

Mengetahui karakter pada tiap bagian tanah di area pertanian akan membantu untuk menghasilkan yang terbaik darinya secara efektif. Tipe tanah dan sejarah masa lalu pengolahan akan mempengaruhi apa yang dapat tumbuh, bagaimana dan kapan seharusnya kita mengolah tanah, betapa mudahnya bekerja, nutrisi dan daya tampung airnya.

Mengenal Tanah?

Saat Anda berkebun, lambat laun Anda akan mengenal tanah saat menanam, menabur, menanam, menyiangi, dan memperhatikan tanaman mana yang tumbuh subur dan mana yang kurang berhasil. Namun, jika Anda baru mengenal kebun atau petak baru, perhatikan tanah sejak awal. Ambil segenggam penuh tanah dan merasakannya untuk mendapatkan gambaran tentang tekstur, menggali lubang dan melihat “profil tanah” untuk mengetahui lebih lanjut tentang struktur, atau mengirim sampel untuk analisis untuk mengukur pH dan mengidentifikasi ketidakseimbangan nutrisinya.

contoh tanah
contoh tanah

Struktur tanah

Kesuburan tanah bukan hanya masalah jumlah hara yang dikandungnya – tetapi jumlah semua fitur yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Struktur tanah — hal yang disatukan tadi — sama pentingnya. Tanah liat yang berat, misalnya, bisa kaya akan hara tetapi masih menumbuhkan tanaman yang buruk karena terlalu berat dan tergenang air untuk pertumbuhan akar yang memadai. Hanya dengan memperbaiki strukturnya – memungkinkan lebih banyak udara masuk ke tanah dengan menambahkan bahan organik yang besar – dapat membuat perbedaan dramatis.

Tanah berpasir yang ringan mungkin rendah nutrisi, tetapi penambahan sederhana dari penyubur tanah seperti dedaunan, yang meningkatkan kemampuan tanah untuk bertahan pada makanan dan air, dapat kembali membuat perbaikan dramatis.Tidak seperti jenis tanah, struktur tanah adalah sesuatu yang bisa diubah oleh tukang kebun/petani/peternak. Yaitu dengan cara memahami, mengolah dan memperbaiki struktur tanah. (Rodales’s Illustrated Encyclopedia of Organic Gardening. The Complete Guide to natural & chemical-free gardening;2005.DK Publishing)

Leave a Reply